Hati-hati! Jangan Sampai Bahaya Sinar UV Menerobos ke Dalam Rumah!

Hati-hati! Jangan Sampai Bahaya Sinar UV Menerobos ke Dalam Rumah!

Anda pasti sudah sering mendengar mengenai bahaya sinar UV. Ada beberapa hal yang harus kita ketahui mengenai sinar UV dan bagaimana cara terbaik untuk melindungi diri kita dari bahayanya. Ternyata, memilih dekorasi ruangan seperti horizontal blind bisa membantu meminimalisir dampak radiasi sinar UV. Tips lainnya untuk melindungi tubuh dari bahaya sinar UV akan kita bahas berikutnya.

Bahaya Radiasi Sinar UV

Radiasi sinar UV dapat mengakibatkan berbagai macam gangguan kesehatan. Umumnya, kita mengetahui bahwa sinar UV berbahaya bagi kulit. Namun rupanya, sinar UV juga dapat membahayakan bagian lain tubuh kita.

 

Bahaya Pada Kulit

1. Bahaya Pada Kekebalan Tubuh

Sinar UV A dapat menembus hingga ke dalam lapisan kulit, bahkan sampai pada darah dan juga lapisan penghubung berada. Hal ini dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh dalam memerangi penyakit.

2. Bahaya Pada Kulit

Efek paling mengerikan dari radiasi UV pada kulit adalah menyebabkan kanker kulit. Bahaya lain sinar UV bagi kulit adalah penuaan dini, adanya penurunan fungsi kekebalan kulit sehingga kulit lebih mudah terluka, sunburn atau kulit yang terbakar, pigmentasi pada kulit, juga pelebaran pembuluh darah kecil yang ada di bawah kulit. Orang-orang dengan kulit sensitif pada UV dapat merasakan dampaknya lebih cepat dan lebih parah.

3. Bahaya Pada Mata

Bahaya sinar UV pada mata bisa menyebabkan peradangan pada kornea dan konjungtiva, UVB juga dapat menyebabkan katarak menjadi lebih parah. Paparan sinar UV juga dapat menyebabkan pterigium, yakni tumbuhnya jaringan pada mata yang dapat berakibat menutup lubang pupil serta mengganggu penglihatan. Selain itu, kanker mata merupakan salah satu penyakit yang dapat disebabkan oleh paparan pada radiasi sinar UV dalam jangka waktu lama.

Mengatasi Radiasi Sinar UV

 

Untuk meminimalisir paparan sinar UV dan menghindari bahayanya, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan.

1. Hindari Sinari Matahari 9-16

Matahari di bawah jam 9 merupakan sinar matahari yang sehat. Namun hindari sinar matahari langsung pada jam 9 pagi sampai jam 4 sore. Bahkan saat Anda berada di dalam rumah. Hal ini dikarenakan paparan sinar matahari pada jam 09.00 – 16.00 ini lah yang sangat berbahaya bagi kulit Anda.

2. Gunakan Tabir Surya

Gunakanlah tabir surya dengan baik dan benar. Untuk melindungi kulit Anda secara langsung dari paparan radiasi UVA dan UVB yang berbahaya. Oleskan ulang setiap beberapa jam sekali agar Anda tetap terlindungi.

Baca juga: Info Ukuran Hebel Terlengkap Hanya Disini!

3. Gunakan Aksesoris Pelindung

Gunakan payung, topi, masker dan atau kaca mata hitam untuk melindungi mata dan wajah Anda dari terpaan sinar matahari di jam-jam yang berbahaya.

Tetap Waspada Selama Berada di Rumah

Bahaya sinar UV tidak hanya mengintai saat Anda sedang di luar rumah. Bahkan saat Anda beraktvitas di rumah, Anda tetap beresiko terpapar sinar UV. Sehingga selain berbagai hal di atas, ada juga beberapa hal lain yang dapat Anda lakukan di lingkungan rumah Anda untuk meminimalisir resiko radiasi sinar UV :

  1. Disarankan untuk menggunakan horizontal blind, agar Anda dapat mengatur intensitas paparan sinar matahari yang masuk ke dalam rumah melalui jendela Anda. Harga jual horizontal blind murah, namun dapat membawa banyak manfaat.
  2. Menanam pohon rindang di halaman rumah juga akan sangat membantu dalam menahan masuknya sinar matahari terik yang berbahaya. Selain suasana lebih teduh, udara pun lebih bersih dan segar. Namun pastikan Anda tetap mendapat sinar matahari sehat di pagi hari.
  3. Memasang kanopi depan rumah Anda adalah cara efektif lainnya untuk Anda terhindar dari matahari langsung saat sedang terik-teriknya.
adminmilo