Sebanding! Inilah Kelebihan dan Harga Atap Baja Ringan

Sebanding! Inilah Kelebihan dan Harga Atap Baja Ringan

Pilihan bahan atap saat ini sudah semakin beragam. Salah satu bahan yang dapat ditemui sebagai rangka atap adalah baja ringan. Memang saat ini atap baja ringan banyak dipilih. Tak hanya karena kelebihannya namun juga karena harga atap baja ringan dinilai sebanding dengan kelebihan yang dimilikinya.

Harga Atap Baja Ringan

Bagi yang sedang mencari alternatif untuk rangka atap, baja ringan ini dapat menjadi pilihan terbaik. Pasalnya ia memiliki beragam kelebihan yang tentu akan menguntungkan penggunanya. Ada kelebihan apa saja yang sebenarnya dimiliki atap baja ringan? Yuk simak kelebihannya di sini.

Kelebihan Atap Baja Ringan

Memang baja ringan saat ini menjadi salah satu bahan rangka atap yang banyak digunakan. Ini karena baja ringan dianggap paling efektif jika dibanding dengan bahan lainnya. Tak hanya efektif ia juga memiliki berbagai macam kelebihan sebagai berikut ini.

1. Dapat Diaplikasikan Untuk Berbagai Jenis Penutup Atap

Ada banyak jenis penutup atap yang hadir saat ini. Mulai dari yang berbahan plastik, UPVC, sampai dengan kaca. Tentunya tidak hanya masalah bentuk rangka atap yang harus disesuaikan, namun masalah material rangka juga harus dipertimbangkan.

Ini karena tidak semua bahan rangka atap cocok untuk digunakan. Namun, memang ada beberapa bahan rangka atap yang cocok diaplikasikan untuk beragam jenis penutup atap. Rangka baja ringan adalah salah satu bahan rangka atap yang dapat digunakan untuk beragam jenis penutup atap.

Memang harus ada beberapa penyesuaian yang dilakukan agar rangka tersebut dapat digunakan untuk menompang material penutup atap yang berat misalnya. Penyesuaian dilakukan salah satunya adalah dengan menambah jumlah rangka baja sesuai dengan bobot dari penutup atapnya.

2. Kuat Tahan Lama

Rangka baja ringan ini merupakan salah satu material yang kuat serta tahan lama. Ini karena logam yang dijadikan bahan dasar dari rangka baja ini merupakan logam yang memiliki ketahanan baik. Selain itu ia juga tidak mudah mengalami pelapukan serta penyusutan.

Baca juga: 7 Kelebihan Batu Marmer

Lebih lanjut menggunakan rangka atap dari jenis ini juga dapat terhindar dari rayap. Memang serangga yang satu ini menjadi salah satu faktor terbesar yang biasa menyebabkan kerusakan pada rangka atap, utamanya yang terbuat dari kayu.

Selain itu meskipun dari logam, rupanya rangka yang satu ini juga anti karat lho. Ini karena bahan penyusun rangka ini merupakan bahan yang terbuat dari logam anti karat.

3. Mudah Penggunaannya

Penggunaan atap baja ringan juga dinilai relatif lebih mudah jika dibandingkan penggunaan bahan-bahan yang lain. Meski tidak terlalu ringan atau terlalu lentur, namun atap dari bahan ini mudah diaplikasikan pada berbagai bentuk atap.

Di sisi lain kemudahan juga datang dari cara pemasangan yang diterapkan untuk rangka baja ini. Menggunakan rangka baja ringan untuk atap relatif lebih mudah pemasangannya dibanding menggunakan bahan yang lainnya. Apalagi sistem sambungan dari rangka baja ringan ini juga tidak terlalu rumit.

Harga Atap Baja Ringan

Tadi sudah banyak dibahas mengenai kelebihan dari rangka baja ringan. Sekarang saatnya menengok berapa harga rangka atap baja ringan ini. Sebenarnya harga rangka dari baja ringan ini dihitung untuk setiap m2.

Untuk setiap m2-nya harganya pun bermacam-macam. Biasanya ditentukan dari jenis material baja ringan yang digunakan. Selain itu ada juga yang menjual rangka atap baja ringan ini berikut dengan paket penutup atapnya. Masing-masing tentu memiliki harga yang berbeda. Harga umumnya sendiri berada di kisaran Rp. 150.000 hingga Rp. 330.000 untuk permeternya.

Rangka atap baja ringan memang menawarkan berbagai kelebihan untuk penggunanya. Tak heran jika kemudian banyak yang memilih untuk menggunakan bahan ini sebagai rangka atap bangunanya. Selain banyak kelebihan, harga atap baja ringan juga dinilai sebanding dengan kemampuan yang dimilikinya. Wah, tentunya ini semakin menarik minat para calon pengguna atap baja ringan ya.

adminmilo