Percaya Atau Tidak, Kursi Kantor Anda Pengaruhi Kesehatan Anda?

Percaya Atau Tidak, Kursi Kantor Anda Pengaruhi Kesehatan Anda?

 

Kursi kantor

Kursi kantor merupakan properti kantor yang tidak dapat dipisahkan dengan kehidupan para pekerja karena tentu saja baik karyawan biasa sampai direktur membutuhkan kursi dalam melakukan pekerjaan. Namun apakah Anda pernah memperhatikan pengaruh kursi terhadap kesehatan Anda? Ya. Memilih kursi kantor tentu tidak dapat sembarangan karena jika salah dalam memilih Anda dapat terserang penyakit yang tidak Anda inginkan.

Tips Memilih Kursi Kantor Sehat

Selama di kantor, hampir seluruh aktivitas Anda seharian full dilakukan di atas kursi. Maka dari itu, Anda harus tepat memilih kursi, khususnya bagi kesehatan Anda.

1. Ketinggian kursi

Duduk di kursi, posisi lutut Anda haruslah membentuk sudut 90 derajat. Hal ini dikarenakan agar kaki bagian bawah Anda tidak menanggung berat beban tubuh Anda, jika kaki terlalu menanggung beban itu akan sangat tidak baik bagi peredaran darah. Efek paling dekat yang biasanya Anda rasakan adalah pegal-pegal dan sering kesemutan atau bahkan kram. Maka dari itu pilihlah kursi yang memiliki ketinggian sesuai dengan tinggi badan Anda. Atau yang paling mudah adalah pilihlah kursi yang ketinggiannya dapat diatur sehingga kursi bisa dipakai siapa saja yang notabene memiliki tinggi tubuh yang berbeda.

2. Sandaran lengan

Duduk di kursi untuk waktu yang sangat panjang juga membutuhkan sandaran lengan. Pastikan siku lengan Anda juga membentuk sudut 90 derajat, jika tidak begitu bahu Anda akan terasa cepat pegal, kemudian Anda juga akan cepat merasa pusing dan lelah. Hal seperti itu juga pada gilirannya akan membuat hasil pekerjaan Anda tidak maksimal.

3. Sandaran punggung

sandaran punggung kursi kantor

Sandaran di kursi kantor berfungsi untuk membuat tubuh Anda tidak cepat lelah. Pilihlah kursi yang memiliki sandaran sesuai dengan bentuk tulang punggung Anda, atau pilihlah kursi yang sandaran punggungnya dapat menyesuaikan dengan bentuk tulang punggung Anda sehingga akan memudahkan bagi siapa saja yang ingin duduk di kursi tersebut. Sandaran punggung pada kursi yang telah didesain permanen dengan bentuk yang tidak sesuai dapat mengancam kesehatan Anda dengan efek terdekat akan membuat Anda cepat merasa lelah. Kondisi itu juga akan berdampak pada hasil pekerjaan Anda yang tidak maksimal.

Baca juga: Kelebihan dan Harga Atap Baja Ringan

4. Bantalan dudukan

Pastikan saat duduk di kursi, panggul Anda tepat berada di tempat dudukan yang bisanya telah disesuaikan bentuknya dengan tubuh. Posisi yang tidak sesuai juga akan membuat Anda cepat lelah. Jika dudukan tidak dapat disesuaikan dengan anatomi tubuh Anda, maka pilihlah kursi yang memiliki dudukan yang empuk agar panggul Anda nyaman dan Anda tidak cepat merasakan lelah.

5. Roda kursi

Roda kursi berfungsi untuk menggeser tubuh Anda pindah ke tempat lain dalam satu ruangan tanpa harus beranjak dari kursi. Jika Anda sering melakukan aktivitas beranjak dari kursi, itu akan membuat Anda cepat lelah, selain itu juga waktu Anda akan terbuang sia-sia. Maka dari itu pilihlah kursi yang memiliki roda agar Anda mudah untuk menggesernya.

6. Bahan

Pilihlah bahan yang ramah, tidak panas dan tidak membuat alergi. Biasanya bahan kursi kantor memiliki perbedaan tergantung kursi itu diperuntukkan untuk siapa. Umumnya bahan untuk kursi kantor direktur lebih bagus dibanding bahan untuk kursi karyawan lainnya. Namun yang lebih terpenting adalah bahan yang sehat. Beberapa kursi telah menambahkan bahan jaring di bagian sandaran punggung sehingga punggung dapat bernafas, menyerap keringat, dan tidak cepat kepanasan. Hindari bahan keras seperti karung yang sering kali memunculkann alergi.

adminmilo