Perlukah Smoking Area di Rumah Sakit?

Perlukah Smoking Area di Rumah Sakit?

Rumah Sakit adalah tempat yang akan dituju ketika sedang merasa tidak sehat atau memiliki penyakit tertentu. Ditempat yang penuh pasien dan penyakit juga berarti orang akan berada di sana untuk waktu yang cukup lama. Untuk melepas penat dan letik, merokok menjadi solusi bagi sebagian orang. Apakah perlu ada suatu ruangan yang dikhususkan bagi orang untuk merokok? Hal tersebut kemungkinan besar ditentang olah sebagian pasien, keluarga pasien yang berada di Rumah Sakit dalam jangka panjang.

Apakan Suatu Ruangan Merokok Di Rumah Sakit? Apakah Perlu?

Perkembangan teknologi serta sekitarmya menjadikan struktur bangunan Rumah Sakit yang dipenuhi oleh orang. Kebiasaan merokok bukan suatu hal mengejutkan, terutama diera yang semakin canggih ini. Walaupun sepertinya Rumah Sakit tidak perlu ruang untuk merokok dengan berjalannya waktu dapat dengan mudah dibutuhkan fakta sebaliknya. Material bangunan yang aman dan bebas bahan kimia dan juga bakteri semakin diperlukan. Harga vinyl lantai Rumah Sakit, mural dinding, wallpaper, wall sticker dan berbagai atribut anti rokok variatif dan cenderung terjangkau. Berikut adalah alasan untuk memiliki ruangan untuk merokok yang dikhususkan di Rumah Sakit.

1. Memberikan Layanan Bagi Perokok

Bagi beberapa orang kebiasaan merokok sudah mendarah daging dan sulit dihilangkan. Dengan adanya ruang merokok didalam Rumah Sakit bagi perokok berarti anda memberikan layanan juga bagi perokok, ketika tenaga medis membutuhkan alasan untuk melepas stres, dan masih banyak alasan fisik dan emosional lainnya.  Ruangan untuk merokok harus tetap dijaga kebersihannya. Gunakan lantai vinyl roll yang anti bakteri dan mudah dibersihkan, kipas angin dan ventilasi yang dibutuhkan untuk menjaga sirkulasi udara. Jadi pengunjung yang merokokpun merasa kebutuhannya diperhatikan.

2. Ada Ruangan Untuk Mensosialisasikan Hidup Sehat

Ruangan khusus tersebut tetap harus sejalan dengan misi Rumah Sakit yang mempromosikan hidup sehat dan memperhatikan kesehatan. Rumah Sakit dapat memasang poster kampanye anti merokok, foto pasien akibat merokok, video testimoni pasien yang sakit karena efek merokok dan berbagai atribut lainnya.

3. Tidak Menganggu Orang Atau Pasien Lain

Bila ada ruang sendiri untuk merokok, maka orang lain di Rumah Sakit yang tidak merokok menjadi terhindar dari bertemu dengan orang yang merokok di Rumah Sakit. Terutama pasien yang memiliki kondisi buruk atau sensitif dengan asap rokok bahkan baru dari kejauhan. Dengan membuat ruangan untuk perokok, pegawai Rumah Sakit dapat mengarahkan bagi siapa saja yang merokok untuk melakukannya diruangan yang sudah disediakan. Orang yang terganggupun dapat melakukan hal yang sama.

4. Sesuai Peraturan Standarisasi Rumah Sakit

Setiap ruangan yang ada dalam Rumah Sakit dimanfaatkan sebagi-baiknya dan tidak bertentangan dengan kesehatan. Sebagai panduan untuk pembangunan Rumah Sakit Sudah diatur oleh dinas kesehatan dalam SOP atau Standarisasi Operasional Protokol untuk ruangan apa saja yang perlu dibuat sebuah Rumah Sakit untuk mendapatkan akreditasi yang daik dari Dinas Kesehatan setempat.

Demikianlah beberapa alasan yang dapat memperkuat alasan adanya ruang khusus merokok di fasilitas kesehatan. Dari awal muasal yang sangat personal dan individu sampai kebutuhan fungsional, Terdapat alasan yang cukup kuat untuk membuat khusus dalam Rumah Sakit yang didekasikan bagi perokok. Terlebih lagi Dinas Kesehatan telah mengutarakan pikirannya untuk menjadi bagian dari Rumah Sakit dengan kebiasaan yang lebih baik segera tempati dan ganti dengan kebiasaan poiotif yang lain.

adminmilo